Kelas/Program Studi : X (SMA)
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menghitamkan pada huruf a,b,c,d atau e
1. Generasi kedua komputer adalah ...
a. Mainframe
b. Minikomputer
c. Workstation
d. Personal komputer
e. Super komputer
2. Personal komputer (PC) merupakan tonggak perkembangan komputer secara cepat karena ...
(1) Komputer ukurannya kecil
(2) Dapat dikloning
(3) Kompatibel
(4) Awalnya produk IBM
Pernyataan yang benar adalah ...
a. (1),(2), dan (3)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (4) saja
e. (1), (2), (3) dan (4)
3. Untuk menghidupkan komputer menggunakan Windows secara otomatis melalui ...
a. Hardisk d. DOS
b. Disket e. CD
c. Minidisk
4. Untuk menggandakan dokumen bernama Bodi.doc menjadi Data.doc maka perintahnya adalah ...
a. COPY con Bodi.doc Data.doc
b. COPY Bodi.doc Data.doc
c. COPY con Bodi.menjadi doc Data.doc
d. COPY Bodi.doc menjadi Data.doc
e. COPY Bodi.doc
5. Untuk membersihkan layar perintahnya...
a. C:\> CLS
b. C:\> DIR
c. C:\> CD desktop
d. C:\>CD...
e. C:\CD\
6. Berikut ini merupakan kelompok pengolah kata yang pernah atau sedang populer ...
1. Wordstar 4. Microsoft windows
2. Word Pad 5. Microsoft Word
3. Microsoft Excel
Yang benar adalah .....
a. 1,2, dan 3 d. 2,3 dan 4
b. 1,2 dan 4 e. 1,2,3, dan 5
c. 1,2 dan 5
7. Contoh program yang termasuk utility software adalah ...
a. Norton Utility
b. IBM-DOS
c. AutoCAD
d. Paradox
e. Webster
8. Program yang dibuat atau dirancang untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer adalah ...
a. System software
b. Operating system
c. Utility software
d. Packet programming
e. Programming language
9. Perangkat lunak yang mengkonversikan algoritma ke dalam format yang bisa dijalankan komputer adalah ...
a. Program aplikasi
b. Sistem operasi
c. Utility software
d. Bahasa pemrograman
e. Program grafis
10. Konversi bilangan biner 110011 adalah...
a. 50 d. 53
b. 51 e. 54
c. 52
11. Konversi dari jumlah 80 ke bilangan biner adalah ...
a. 1010000 d. 101001
b. 1100010 e. 111000
c. 1011000
12. Konversi jumlah 28 ke bilangan biner adalah ...
a. 101000 d. 11100
b. 110001 e. 10000
c. 100001
13. Teknologi WiFi menggunakan ...
a. Kabel hick koaksial
b. Kabel thick koaksial
c. Nirkabel
d. Kabel serta optik
e. Kabel LAN
14. Berikut ini yang merupakan perangkat masukan pada komputer, kecuali ...
a. Mouse d. Keyboard
b. Light pen e. Processor
c. Trackball
15. Berikut yang merupakan perangkat pemrosesan adalah ...
a. RAM, ROM, Processor
b. Monitor, RAM, ROM
c. Mouse, Keyboard, Monitor
d. RAM, Printer, VGA Card
e. Power supply, Sound card, RAM
16. Berikut yang tidak termasuk jenis alat keluaran adalah...
a. Monitor d. Spekaer
b. Headset e. Mouse
c. Printer
17. Jaringan komputer yang dibatasi oleh area yang relatif kecil merupakan jenis jaringan ..
a. WAN d. MAN
b. Internet e. Nirkabel
c. LAN
18. Proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data merupakan pengertian...
a. Transmisi data
b. Komunikasi data
c. Jaringan komputer
d. Receiver
e. Sumber data
19. Gelombang mikro yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih transmitter atau receiver gelombang mikro pada bumi disebut ...
a. Satelit d. Modem
b. Modem internal e. Nirkabel
c. Modem eksternal
20. Alat yang digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya dalam sebuah transmisi yang melintasi kabel telepon disebut ...
a. Satelit d. Modem
b. Jaringan e. Receiver
c. Kabel koaksial
21. Manfaat jaringan komputer ...
a. Adanya penyimpanan file terpusat
b. Memungkinkan pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser
c. Memudahkan kita mem back-up data
d. Memungkinkan kita mendapatkan data terbaru secara cepat
e. Semua benar
22. Kabel yang biasa digunakan untuk jaringan komputer LAN ...
a. Kabel UTP
b. Kabel STP
c. Coakxial thick cable
d. Coaxial thin cable
e. Fiber optic cable
23. Berikut merupakan keunggulan dari kabel serat optik, kecuali ...
a. Cepat dalam melakukan pengiriman data
b. Tahan terhadap gas beracun, bahan kimia, dan air memiliki bidang yang luas sehingga bisa menampung informasi yang besar
c. Penyambungan serat harus menggunakan teknik dan ketentuan yang tinggi
d. Tidak terpengaruh medan elektris dan medan magnetis sehingga terjamin keamanannya
24. Undang-Undang HAKI meliputi...
a. UU Paten, UU Merk Dagang, UU Hak Cipta
b. UU Paten, UU Merk Jasa, UU Hak Cipta
c. UU Paten, UU Hak cipta, UU Hak Royalti
d. UU Hak Cipta, UU Royalti, UU Merk Jasa
e. UU Hak Cipta, UU Merk Dagang, UU Royalti
25. Jika suatu ciptaan telah diterbitkan tetapi tidak diketahui penciptanya atau pada ciptaan tersebut hanya tertera nama samaran penciptanya, penerbit memegang hak cipta atas ciptaan tersebut untuk kepentingan penciptanya. Hal ini sesuai dengan...
a. Pasal 12 ayat (2)
b. Pasal 11 ayat (1)
c. Pasal 12 ayat (1)
d. Pasal 11 ayat (3)
e. Pasal 11 ayat (2)
26. Undang-undang yang membahas mengenai program komputer adalah...
a. UU No. 14 Tahun 2001 pasal 1 ayat 1
b. UU No. 14 Tahun 2001 pasal 1 ayat 8
c. UU No. 19 Tahun 2002 pasal 1 ayat 1
d. UU No. 19 Tahun 2001 pasal 1 ayat 8
e. UU No. 19 Tahun 2002 pasal 1 ayat 8
27. Hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya dinamakan...
a. Hak cipta
b. Hak kreasi
c. Hak asasi
d. Hak milik
e. Hak intelektual
28. Hak untuk mendapatkan manfaat ekonomi disebut hak...
a. Hak moral
b. Hak cipta
c. Hak asasi
d. Hak pencipta
e. HAKI
29. Jenis lisensi yang diberikan kepada produk atau software yang bertujuan untuk kepentingan bisnis adalah...
a. Lisensi nonkomersial
b. Lisensi open source
c. Lisensi komersial
d. Lisensi freeware
e. Lisensi shareware
30. Undang-undang yang melindungi para penggagas ide adalah...
a. UU tentang perdagangan
b. UU tentang perlindungan konsumen
c. UU tentang HAKI
d. UU tentang hak paten dan merk dagang
e. UU tentang perindustrian
31. Definisi lisensi adalah...
a. Pengaturan hak cipta
b. Pewarisan hak cipta
c. Pemberian hak cipta kepada pihak lain
d. Penghapusan hak cipta
e. Penyebaran hak cipta
32. Hasil setiap karya pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan, seni, aatu sastra disebut...
a. Barang d. Invensi
b. Ciptaan e. Hak cipta
c. Royalti
33. Lisensi yang diperoleh secara gratis untuk institusi pendidikan atau yayasan sosial adalah jenis lisensi...A
a. Lisensi shareware
b. Lisensi komersial
c. Lisensi private
d. Lisensi freeware
e. Lisensi nonkomersial
34. Lisensi yang bisa digunakan secara bebas bagi pemakai untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari maupun mengubah isi dari perangkat lunak merupakan lisensi...
a. Lisensi shareware
b. Lisensi komersial
c. Lisensi private
d. Lisensi freeware
e. Lisensi open Source
35. Ketika beekrja berhadapan dengan monitor maka garis pandang dari mata harus.....layar monitor
a. Ke atas d. Ke samping
b. Ke bawah e. Tegak lurus
c. Diagonal atas
36. Gangguan yang sering terjadi akibat beekrja terlalu lama dalam posisi duduk adalah pada...
a. Mata d. Pinggang
b. Kaki e. Kepala
c. Tangan
37. Kursi yang tidak memadai dan ruang kaki yang sempit akan mengakibatkan...
a. Rasa pegal di punggung dan pinggang
b. Kelelahan visual
c. Kejang otot pada bahu
d. Ketegangan otot, bahu dan lengan
e. Sakit pada pergelangan tangan
38. Berikut adalah syarat sebuah ruangan komputer yang baik, kecuali ...
a. Ruangan tidak bocor dan lembab
b. Temperatur dan kelembaban ruang diatur
c. Ruangan harus bebas dari debu dan partikel kotor lainnya
d. Ruangan harus bebas dari zat kimia
e. Ruangan harus terkena sinar matahari langsung agar terang
39. Jarak ideal antara mata dengan monitor adalah ...
a. 20 – 30 cm d. 40 – 50 cm
b. 10 – 20 cm e. 30 – 60 cm
c. 50 – 60 cm
40. Berikut merupakan faktor yang mempengaruhi kenyamanan dalam bekerja, kecuali...
a. Relaksasi
b. Peralatan bekerja
c. Kualitas udara
d. Pencahayaan
e. Ruangan komputer
II. Isilah titik dibawah dengan jawaban yang benar pada lembar jawab yang tersedia !
1. Jelaskan piliham yang terdapat pada kotak dialog Turn Off Computer berikut !
(1) Stand by (2) Turn Off (3) Restart (4) Cancel
2. Sebut dan Jelaskan 4 ( empat ) contoh alat input pada komputer !
3. Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer ? berikan contohnya !
4. Konversikan bilangan berbasis 10 berikut menjadi berbasis bilangan biner atau sebaliknya !!
(1) 60 (2) 10101011
5. Jelaskan mengenai : 3C/span>
(a) Hak Cipta (b) Pencipta
Menurut UU No. 19 tahun 2002
1 komentar:
soal kelas berapa bu.? lumayan berbobot. :D
Post a Comment